5 Vaksinasi Penting Bagi Orang Dewasa

ObatTipes.id – Vaksinasi adalah pemberian vaksin kekebalan tubuh terhadap penyakit pada seseorang. Pemberian vaksin memang identik dengan bayi atau anak, tapi untuk kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 5 Vaksinasi Penting Bagi Orang Dewasa, jadi anda sebagai orang yang sudah masuk kategori dewasa, wajib membaca artikel ini, karena akan menambah wawasan anda mengenai penyakit dan seputar kesehatan lainnya.

vaksinasi dewasa

Berikut adalah beberapa Manfaat dari Vaksinasi

  • Manfaat untuk Negara, memperbaiki tingkat kesehatan, menciptakan bangsa yang kuat dan berakal sehat untuk melanjutkan pembangunan negara.
  • Manfaat untuk Anak, mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang anak, yang memungkinkan anak menjadi cacat bahkan kematian.
  • Manfaat untuk Orang Tua, mereka yang sudah berumur diatas kepala lima, kekebalan tubuhnya akan mulai menurun. Untuk jadwal vaksinasi, bisa dipercepat, misalnya saat 40 tahun, dengan catatan orang tua tersebut mengalami Diabetes atau penyakit lainnya yang menyebabkan kekebalan tubuh menurun.
  • Manfaat untuk Keluarga, menghilangkan kecemasan dan biaya pengobatan anak jika sakit berlanjut.

Cara Pemberian Vaksin

Vaksinasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya seperti disuntikan langsung ke otot, lapisan bawah kulit, dan ada juga yang diberikan melalui tetas cairan ke mulut.

5 Vaksinasi Penting Bagi Orang Dewasa

1. Tifus atau Demam Tifoid

Bakteri Tipes datang melalui jalan pencernaan dan akan langsung menyebar ke seluruh tubuh. Lingkungan yang tidak bersih merupakan faktor utama yang menjadi penyebab sakit tifus. Bagi anda yang sering pergi-pergian ke luar kota atau lebih banyak menghabiskan waktu diluar ruangan atau yang bekerja di bidang Jasa Boga, para ahli menyarankan lakukanlah dengan rutin Vaksinasi Tifoid, yang biasanya dilakukan 3 tahun sekali.

Baca juga : Waspada! Penyakit Tipes di Manado Utara Sedang Rawan

2. Rabies

Seperti yang anda ketahui, rabies merupakan virus yang tertular dari hewan yang tidak terawat dengan baik. Nah, bagi anda yang punya hewan peliharaan, dokter hewan atau pekerja laboratorium, wajib sekali memeriksakan dirinya ke dokter guna diberi Vaksinasi.

3. Influenza

Bagi orang dewasa yang berusia diatas 50 tahun-nan, wajib setiap tahunnya melakukan Vaksinasi. Selain itu, para penderita jantung, disfungsi ginjal, penyakit metabolisme dan paru-paru kronis harus juga setiap tahunnya melakukan pemberian Vaksin pada tubuh.

4. Cacar Air

Vaksinasi ini dilakukan ke orang-orang yang dekat dengan penderita Cacar Air, seperti petugas rumah sakit dan orang-orang yang tinggal serumah dengan penderita. Ini terdiri dari 2 dosis yang diberika dengan jarak 4-8 mingguan-an.

5. Hepatitis B

Penyakit ini merupakan salah satu pemicu utama dari Kanker Hati. Vaksinasi pada masalah kesehatan ini, memiliki 3 dosis. Rentang waktu pada dosis pertama ke kedua adalah 3 bulan, lalu antara yang kedua ke ketiga 6 bulan, jika responnya baik, maka anda tidak perlu dosis penguat.