Orang yang Sakit Tipes Jangan Banyak Gerak, Kenapa ?

wanita sakit tipes

ObatTipes.id – Tidak sedikit orang, yang menganggap bahwa penyakit tipes ini adalah penyakit biasa, yang akan sembuh dengan cepat. Saran dari dokter, bagi penderita tipes baru adalah lebih banyak istirahat jangan kebanyakan bergerak apalagi beraktivitas. Orang yang Sakit Tipes Jangan Banyak Gerak, Kenapa ?

Sebenarnya, tipes merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh, bahkan dari beberapa kasus, ada yang sampai mengakibatkan kematian.

Infeksi bakteri yang menyerang peradangan usus merupakan penyebab dari timbulnya penyakit tipes. Bakteri tipes muncul dari makanan yang dimakan dan sudah terkontaminasi. Kuman yang masuk melalui mulut hingga menyebar ke organ lambung sampai ke usus halus.

Pada minggu pertama, kuman pada Pasien Tipes hanya bisa terlihat dari feses nya saja. Lalu, minggu kedua sudah bisa dipastikan bahwa kuman atau bakteri sudah berhasil melekat dan mengalir dalam darah dan itu menyebabkan organ usus mengalami infeksi. Sampai akhirnya, minggu ketiga saat didiagnosis, positif pada urin akan terlihat secara jelas.

Salah satu Dokter kenamaan spesialis penyakit tipes pun Dr. Dante Saksono H SpPD, PhD berkicau “Biasanya pada minggu kesatu tidak ditemukan hasil positif pada darah, dan orang sering menyebut ini sebagai gejala tifus. Padahal yang sebenarnya, ini sudah termasuk tipes, namun kumannya itu yang belum masuk ke pembuluh darah maka hasil tes darahnya negatif.”

Tidak sedikit orang yang mengartikan, bahwa gejala tipes merupakan awal dari Sakit Tipes, sebetulnya itu tidaklah benar. Menurut Dr. Dante, orang yang baru terkena gejala tipes sebenarnya itu sudah terjangkit sakit tipes, tetapi stadiumnya saja yang berbeda.

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dapat mengakibatkan leukosit menjadi meningkat. Lain halnya dengan penyakit tipes, leukosit pasiennya malah turun drastis. Itulah ciri khas dari penyakit tipes yang beda dari yang lain.

Konsumsi antibiotik yang tepat, minum air putih lebih banyak secara teratur dan istirahat yang cukup adalah penanganan yang tepat sesuai anjuran dokter untuk pasien yang sudah didiagnosis positif terkena tipes.

Kenapa Saat Sakit Tipes, Butuh Istirahat yang Cukup ?

Proses penyembuhan sakit tipes ini, guna menghilangkan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu, para pasien dianjurkan keras untuk beristirahat lebih banyak dari biasanya, agar cepat pulih kembali seperti biasa dan menjadi sehat wal’afiat.

Read Also : Rahasia Reza Rahadian Cepat Sembuh Dari Penyakit Tipes

Nah, apabila pasien tipes banyak bergerak saat proses penyembuhan, itu akan membuat suhu tubuh menjadi naik terus-terusan dan kuman bakteri pun malah jadi berkembang biak sampai masuk ke dalam darah.

Selain itu, kebanyakan bergerak saat sakit tipes juga dapat menyebabkan organ usus mengalami sakit yang hebat, karena saat orang terkena penyakit ini, usus mengalami gangguan yang sangat hebat.

Dokter Dante pun mengakatan “Orang yang menderita penyakit menyebalkan ini, tidak harus makan yang lembek-lembek. Yang penting, jangan kebanyakan mengkonsumsi sayuran berserat tinggi.”

Kenapa beliau menganjurkan jangan terlalu banyak makan sayur berserat ? pada dasarnya kan sayur sangat sehat sekali, untuk pasien yang lagi sakit ? “karena sebenarnya, sayuran berserat sangat sulit dicerna oleh usus, sementara kan orang yang mengalami tipes ini, organ ususnya terganggu.” tambah Dokter yang praktek di RSCM dan mengajar di FKUI ini.