Penyakit yang Disebabkan Oleh Binatang Peliharaan

Fakta memang belum pernah membuktikan, jika ada binatang yang meninggal karena digigit kutu atau yang lainnya. Tetapi, terlalu banyaknya kutu yang hinggap pada binatang, itu dapat menyebabkan anemia, menurunnya daya tahan tubuh dan lemas. Kutu bisa menghantar penyakit pada manusia, sama halnya seperti nyamuk.

wanita kucing2

Ada salah satu kejadian dulu pada abad ke 19, munculnya wabah pes di Eropa karena penyakit kutu yang ada pada binatang. Kronologi singkatnya, ada sebuah kutu jenis Yersinia Pestis yang hinggap pada tubuh tikus, lalu pindah ke kucing (binatang peliharaan), dan akhirnya menghisap darah manusia, serta menulari wabah pes tersebut. Berikut adalah penyakit lain yang disebabkan oleh kutu :

Cacing Pita

Siklusnya, telur cacing masuk kedalam tubuh kutu, masuk lewat pencernaan hewan saat menjilat tubuhnya. Apabila manusia tidak mencuci tangan setelah memegang binatang peliharaan, itu akan berdampak buruk yakni terkena infeksi cacing pita. Walaupun tidak terlalu membahayakan bagi tubuh, namun ini akan membuat berat badan turun secara drastis.

Tifus Murine

Ini disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi, ditularkan dari kutu tikus, lalu berpindah ke hewan peliharaan. Kucing juga bisa menjadi faktor utama munculnya penyakit Tifus Murine. Gejala yang nantinya akan timbul setelahnya adalah muntah-muntah, pusing, demam tinggi, nyeri otot sendi, dan mual-mual. Bagi sebagian penderita Tifus Murine, akan mendapatkan penyakit ruam seperti campak setelah 6 hari terinfeksi.

Penyakit Lyme

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri borrelia burgdorferi. Gejala umum untuk penyakit lyme ini adalah bintik-bintik merah yang membesar dan bersumber dari bekas gigitan kutu. Demam, sering ngantuk dan pusing merupakan gejala lainnya yang akan dirasakan oleh penderita penyakit ini. Jika pasien tidak secepatnya mengobati penyakit cukup serius ini, maka lama-kelamaan dapat mengakibatkan nyeri sendi, leher kaku, otot muka tidak dapat bergerak dan masih banyak yang lainnya.

Berita lainnya : Mulan Jameela Diserang Tifus Setelah Sebulan Melahirkan