Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Penyakit Tipes

Sekarang ini kita memasuki musim pancaroba, itu membuat tubuh akan semakin rentan terkena serangan penyakit, seperti salah satu contohnya Penyakit Tifus. Jenis penyakit ini seperti kita tahu semua diakibatkan oleh serangan bakteri Salmonella Typhi. Penyakit Tipes ini sering diawali dengan demam tinggi, sebelum masuk ke tahap akhir Sakit Tifus.

tipes

Penyakit Tipes ini idealnya menyerupai Demam Berdarah dalam hal gejalanya. Itu akibatnya, kita membutuhkan pemeriksaan lanjut dan uji laboratorium di Rumah Sakit, ucap Konsultan Kesehatan Dr. Witanto. Diluar itu, Dr. Daniel pernah mengungkapkan dalam program Metro Plus di Metro TV, “Gejalanya memang sama dengan demam berdarah, tetapi biarpun sama, penanganannnya sangatlah berbeda.”

“Tipes itu disebabkan oleh bakteri, beda dengan Influenza yang berawal dari virus, dan itu menyebabkan demam yang diderita pasien tifus berlangsung secara bertahap. Kalau penyakit lain, biasanya langsung demam tinggi, tipes ini panasnya bertahap mulai dari sedang dan lama kelamaan menjadi tinggi,” tambah Dr. Daniel.

Kulit Buah Manggis

kulit manggis

Penyakit ini apabila tidak segera mungkin diobati dengan cepat, maka akan berkembang dan menimbulkan komplikasi yang cukup hebat. Kotoran yang mengandung kuman jahat di organ usus akan menyebar ke otak, sehingga menyebabkan peradangan di liver dan tentunya otak. Usus akan mengalami kebocoran, pada tingkat Waspada.

Baca juga : Pesan Anang Hermansyah Kepada Ashanty yang Sakit Tipes

Dr. Daniel pun menyarankan kepada semuanya, jika kita terserang tipes, maka kita harus memperbanyak minum air putih, itu dikarenakan konsumsi mineral akan mempercepat penyembuhan, dan jika kita memakan sesuatu harus dikunyah dulu sampai halus, guna tidak memberatkan kerja organ pencernaan.

Hingga sekarang ini, antibiotik masih menjadi obat yang ampuh mengusir 90% kuman yang menyebabkan tipes dalam tubuh, tetapi penggunaannya harus teratur dengan rujukan dari dokter terlebih dahulu. Menurut Dr. Daniel “Penggunaan obat antiobiotik yang tidak tepat, akan mengakibatkan kuman menjadi kebal,” itu dia yang menyebabkan antibiotik tidak bisa dijual sembarangan.

Lebih dalam lagi, Dokter ganteng ini memaparkan bahwa ada suplemen tambahan yang diberikan kepada pasien tipes yakni Kulit Buah Manggis. Iapun mengatakan “Penelitian Universitas Brawijaya Malang menemukan fakta bahwa kulit buah manggis ini bisa menekan laju pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipes.”