Menguji Khasiat Ekstrak Cacing untuk Mengobati Tipes

Ekstrak cacing memang sudah lama dipercaya bisa mengobati tipes. Banyak sekali yang sudah membahas tentang hal ini dari mulai dokter spesialis, ahli kesehatan, dll. Sejatinya, penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat sering sekali terjadi di Indonesia. Saat tipes mulai menyerang, tidak sedikit orang yang ingin menyembuhkannya dengan bantuan ekstrak cacing.

Penyakit tipes atau ada juga yang sering bilang Demam Tifoid ini penyebab utamanya adalah Bakteri Salmonella Typhi dan Parathypi. Penyakit ini sangat berhubungan dengan kebersihan lingkungan terhadap tubuh, karena sangat bisa sekali menular melalui makanan ataupun air yang terkontaminasi oleh jenis bakteri tersebut.

Banyak yang beranggapan bahwa Tipes dapat menyebabkan kematian akibat serangan infeksi yang cepat menyebar, perdarahan, kebocoran saluran pencernaan dan pneumonia. Penyakit ini tidak pernah pandang bulu dalam melakukan penyerangan, anak-anak sampai lansia bisa terserang tipes.

Pengobatan medis seringkali direkomendasikan oleh para dokter, jika pasien telah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, nantinya pasien akan diberikan obat semacam antibiotik untuk membunuh bakteri salmonella. Selain itu, pasien juga disarankan untuk lebih banyak beristirahat total dan juga memperbanyak konsumsi air putih dan dibarengi mengkonsumsi makanan bergizi.

Jika obat antibiotik cocok bagi pasien, maka dalam satu sampai dua hari akan mulai terlihat perubahan kondisi si pasien tipes tersebut. Biasanya pasien yang baru akan sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari.

Lalu, bagaimana dengan Khasiat Ekstrak Cacing untuk Mengobati Tipes? dan lantas Apa Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Tipes? Di Indonesia sendiri, obat alami ini sudah lama digunakan. Tetapi sebenarnya bukan hanya disini saja, negara asia tetangga seperti China, Korea dll juga kerap menggunakannya untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Cacing tanah jenis Lumbricus sp sangat dipercaya dapat mengatasi demam di berbagai negara. Tetapi, sampai saat ini belum ditemukan bukti kuat yang menunjukan bahwa ekstrak cacing berkhasiat untuk mengatasi tipes dengan cepat.

Ahli kesehatan dari Departemen Mikrobiologi dan Farmakologi UNAIR, Septianda dkk, pernah melakukan penelitian tentang hal ini. Hasil dari penelitian tersebut bisa diambil kesimpulan tidak menunjukan adanya aktivitas antibakteri terhadap salmonella typhi.

Hal ini serupa dengan para ahli yang melakukan penelitian yang dilakukan oleh Purwitanto dkk dan pernah dipublikasikan pada tahun 2013 di Journal of Indonesian Medical Association. Hasilnya, dengan menambah ekstrak cacing Lumbricus sp pada pasien tipes tidak menimbulkan efek apa-apa yang merujuk pada kesembuhan pasien.

Jadi kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa ekstrak cacing ini tidak mempunyai khasiat kuat dalam mengobati penyakit tipes. Dengan demikian, apabila Anda terserang penyakit ini, cepatlah untuk berkonsultasi dengan dokter, atau bisa juga dengan mengkonsumsi Obat Tipes yang berbahan dasar herbal alami, dan selebihnya Anda bisa mengikuti setiap anjuran pengobatan yang disarankan oleh dokter.