Tips Membedakan Demam Tifus dan Demam Berdarah

demam

ObatTipes.id – Gejala Demam Tifus dan Demam Berdarah memang tidak jauh, bisa dibilang menyerupai. Seringkali orang-orang terkecoh akan gejala penyakit ini yang sedang dialaminya. Sering sekali terdengan kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit Demam Berdarah, karena kesalah mendeteksi penyakit.

Gejala dari kedua penyakit ini memang sama, yaitu Demam. Tetapi, yang membedakannya adalah tanda-tandanya. Begitulah kicauan dari Ferry, T.P. Purba, spesialis Internal Medicine di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta.

Seperti pada umumnya, penderita tifus sering mengeluh karena sering mengalami gejala sakit di sekitar organ pencernaan, seperti perut kembung, diare, mual dan muntah. Demam Tifus sendiri, puncaknya terjadi pada malam hari, tambah Ferry.

Baca juga : Apa Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Tipes?

Virus dari penyakit Demam Berdarah, menurutnya adalah menyerang daerah pembuluh darah. Keluhan penderita sering mengalami mimisan, pegal-pegal, pusing, sakit belakang mata, gusi berdarah dan yang paling sering atau umum terjadi ialah bintik-bintik merah yang tidak sedikit pada kulit.

Meskipun demikian, gejala-gejala tersebut sering terjadi juga pada penderita demam biasa. Ferry pun memberikan Tips Membedakan Demam Tifus dan Demam Berdarah kepada kita semua untuk memastikan demam apa yang kita derita, lekaslah lakukan pengecekan darah ke dokter. “Gejala-gejala itu bisa menjadi tanda, tetapi kita harus memiliki bukti otentik yaitu dengan pengecekan darah,” tambahnya.