Ini yang Dirasakan Anak Ketika Terkena Penyakit Tipes

tipes anak

Ini yang Dirasakan Anak Ketika Terkena Penyakit Tipes | OBATTIPES.id – Salah satu Dokter spesialis di salah satu RS di Tambak, Banyumas mengungkapkan, bahwa faktor utama yang menjadi penyebab penyakit tipes menyerang adalah infeksi pada saluran pencernaan dan kuman Salmonella Typhi merupakan jenis kumannya.

Kuman jenis ini bisa hinggap dimanapun, khususnya pada makanan, seperti siomay, bakso, mie ayam dan masih banyak lagi. Biasanya penyakit tipes sering menyerang anak yang sering jajan di sembarang tempat.

Menurut Dokter Eveline P.N., Sp.A IBCLC “Selain lewat makanan, penularan dari penyakit ini bisa melalui tangan pasien yang tidak dicuci dengan bersih.”

Penyakit Demam Tinggi Sering Dirasakan Anak-anak Saat Tipes Akan Menyerang

Anda harus waspada, apabila si kecil mengalami demam tinggi dengan suhu tubuh 38-40° Celcius, apalagi jika dirasakannya malam hari selama 5 hari bahkan sampai satu minggu. Pagi hari dan Siang hari biasanya suhu tubuh mulai berkurang, nah pada malam hari, demam dengan suhu tubuh diatas normal mulai merajalela.

Apabila pada minggu kedua anak anda merasakan demam sepanjang hari tidak turun-turun suhunya, kemungkinan besar buah hati anda terjangkit virus tipes (lebih jelasnya, langsung check up ke dokter). Ada gejala lain seperti sakit perut, mual dan diare yang menghantui anak jika akan terkena penyakit tipes.

Baca juga : 4 Gejala Tipes Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

“Untuk mengetahui apakah demam atau gejala lainnya, biasanya dokter selalu melakukan pemeriksaan laboratorium (tes darah), tetapi ini belum dinyatakan 100% benar.” Ujar Dokter cantik ini.

Penyakit Tipes Anak, sama seperti penyakit-penyakit lainnya, jika terdeteksi lebih cepat, maka proses penyembuhan dan pengobatan pun akan berjalan sukses dan lancar. Perlu anda ketahui, penyakit ini apabila anda terlambat mengetahuinya, dapat mengakibatkan infeksi parah pada organ usus.

Akibat dari itu semua, organ usus pun akan pecah dan harus menjalani operasi. Radang otak dan Hepatitis menjadi komplikasi lain yang sering juga terjadi, apabila anda terlambat mengambil tindakan pada penyakit tipes ini.